JAKARTA – Salah satu peran utama lembaga pemerintah adalah memberikan pelayanan prima terhadap kebutuhan masyarakat sesuai dengan haknya. Pemerintah berkewajiban mempersiapkan pelayanan publik yang dikehendaki dan dibutuhkan oleh publik, serta bagaimana menyatakan dengan tepat mengenai cara mengaksesnya yang telah direncanakan dan disediakan.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan fasilitasi pengaduan masyarakat, Pusat Penerangan Kemendagri melaksanakan Rapat mengenai Peningkatan Kualitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat , Rabu (24/2), di Ruang Pertemuan Gedung B Lantai 1 Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utatara, Jakarta.
Menurut Bambang Sucahyo, selaku Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri menyatakan, rapat tersebut dilakukan dalam rangka penyelesaian pengaduan masyarakat melalui website, media sosial, SMS center, serta telepon dan faximile.
“Kita sedang menggalakkan pengaduan masyarakat menjadi satu pintu melalui sebuah website, pengaduan pun hanya yang terkait dengan kebijakan dan program Kemendagri,” ucapnya.
Rapat juga menjadi bagian dari salah satu agenda Pusat Penerangan terkait pengembangan dan pemeliharaan System Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA), yang juga merupakan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis online. Bambang juga berharap aplikasi tersebut bisa menjadi bagian dari perbaikan internal Kemendagri.
“Semoga pengelolaan SaPA ini bisa menjadi bagian dari perbaikan internal, baik terkait proses pelayanan atau pun kebijakan di lingkungan Kemendagri,” ujar Bambang. (MSR)