News

Pelayanan ULA Kemendagri Terus Ditingkatkan

JAKARTA – Pelayanan publik yang baik menjadi salah satu yang sering diutarakan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam beberapa kesempatan. Bagi Kemendagri, pelayanan kepada masyarakat wajib dilakukan pemerintah di pusat maupun daerah. Termasuk dalam hal penerimaan tamu yang berurusan langsung dengan Kemendagri.

Untuk itu, pada tahun ini Biro Ortala Kemendagri mewacanakan peningkatan sistem pelayanan Unit Layanan Administrasi (ULA) di lingkup Kemendagri baik yang ada di Komponen maupun di UPT. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabiro Ortala Kemendagri Sukoyo dalam Rapat Koordinasi Layanan Administrasi dan Konsultasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri di Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta, pada Rabu (1/2).

Menurut Sukoyo akan dilakukan pengembangan 5 jenis layanan baru dengan sistem online seperti layanan administrasi PPNS, rekomendasi ijin PDLN bagi ASN Pemda, Ijin PDLN dengan alasan penting bagi pejabat negara dan DPRD provinsi, kabupaten/kota, nomor registrasi peraturan daerah, dan pemberian rekomendasi Penelitian.

Selain itu juga akan dilakukan renovasi ruangan ULA di Kemendagri, agar terlihat lebih representatif untuk memaksimalkan pelayanan. “Ruangan yang akan di renovasi untuk TA 2017 adalah ruang registrasi yang berada di Gedung B Kemendagri dengan dilengkapi tv touchscreen dan pojok pustaka. Biro Ortala juga mewacanakan pembentukan ULA di komponen dan UPT seperti di Direktorat Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah, Inspektorat Wilayah dan Inspektorat Khusus, serta BPP Kemendagri,” Katanya.

Rapat juga membahas mengenai pemanfaatan teknologi informasi pendataan tamu dan penyerahan card reader KTP-el untuk penerimaan tamu, kepada unit layanan di lingkup Kemendagri. (MSR)

Join The Discussion