News

Pemerintah Akan Bangun GIPTI (Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi) di Tangerang

TANGERANG – Galeri IPTEK dan Inovasi (GIPTI) akan dibangun di Kabupaten Tangerang tepatnya di area BSD City. Sebagian areal GIPTI akan menempati lahan PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, seluas ± 15 Ha.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan GIPTI nantinya akan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan serta diharapkan bisa membina generasi muda di Indonesia yang akan menjadi tulang punggung bangsa Indonesia.

“Saat ini masyarakat Indonesia lebih peka dan berhak menanyakan hasil penelitian apa saja yang telah dilakukan oleh para peneliti di kawasan Puspiptek tersebut. Penelitian jangan seperti museum yang bersejarah, penelitian tidak boleh menengok kebelakang, seharusnya peneliti mengantisipasi produk dan teknologi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di masa yang akan datang, ucapnya ketika melakukan kerja sama peandatanganan GIPTI di Tangerang, Senin (15/1).

Firmansyah, Rektor Universitas Paramadina mengatakan Galeri IPTEK dan Inovasi merupakan bukti nyata bahawa kerja sama lintas sektoral, yang selama ini dikatakan sulit adalah tidak benar. “Hari ini suatu momentum bagi kerjasama ABG (academicians – business – Government) suatu konsep Triple Helix dengan melibatkan komunitas (society),” ucapnya.

Firmansyah menambahkan kolaborasi ini mendukung program pengembangan National Science Technology Park sebagaiman diusung oleh Presiden Joko Widodo pada awal Pemerintahannya. Galeri Iptek dan Inovasi merupakan diseminasi dari hasil-hasil penelitian dan inovasi yang selama ini telah dilakukan di PUSPIPTEK, peningkatan kerja sama penelitian menjadi suatu produk inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Program ini merupakan program pertama “Wisata Iptek”’ yang ada di Kabupaten Tangerang, walaupun PUSPIPTEK telah dibangun sejak dari 1976. Diperlukan sosialisasi ke masyarakat, atas produk-produk Iptek dan Inovasi yang telah dihasilkan oleh para peneliti dan innovator,” tuturnya (MSR)

Join The Discussion