News

Meneliti Great Lakes, UWindsor Mendapat Tambahan Dana

KANADA – Proyek ambisius Universitas Windsor untuk menliti perubahan ekosistem di lima danau besar Amerika Utara mendapat banyak dorongan dari pemerintah provinsi.

Baru-baru ini pemerintah setempat memastikan proyek Real-time Aquatic Ecosystem Observation Network (RAEON) bisa dilaksanakan, yaitu sebuah proyek senilai $ 15,5 juta yang memungkinkan para peneliti untuk memantau Great Lakes dan badan air tawar lainnya secara real-time.

Tahun lalu, proyek tersebut mendapat $ 6,4 juta dari Canadian Foundation for Innovation. Menteri Riset, Inovasi, dan Ilmu Pengetahuan Kanada Reza Moridi mengumumkan, pemerintah provinsi akan memberikan kontribusi sebesar $ 6,3 juta.

“Ini benar-benar membuat University of Windsor sebagai universitas yang melakukan penelitian air tawar Great Lakes  paling terkemuka di Kanada,” kata profesor Aaron Fisk, peneliti utama proyek ini.

“Tidak ada universitas lain di Kanada yang bisa menyamai instrumentasi dan keahlian yang benar-benar kita miliki di Great Lakes.”tambahnya.

Fisk menjelaskan, uang tersebut terutama akan digunakan untuk membeli instrumen jaringan paling modern yang bisa mengirim data ke komputer peneliti dan perangkat gawai.

“Ini semua peralatan yang akan memantau karakteristik yang terkait dengan air, dengan ekosistem seperti ikan, fitoplankton dan ganggang berbahaya,” katanya. Ia menambahkan, instrumentasi yang saat ini digunakan di Great Lakes tertinggal dari apa yang ditemukan di laut.

“Kami benar-benar akan memiliki kemampuan untuk membawa Kanada sedikit demi sedikit memantau Great Lakes secara komprehensif, baik secara spasial maupun temporal.”

Instrumentasi RAEON diharapkan bisa digunakan selama dua sampai tiga tahun ke depan. (CBC/MSR)

Join The Discussion