News

7 OPD Belum Terpenuhi, Lelang Jabatan Diperpanjang

JAMBI – Setelah resmi ditutup 22 Mei sore pukul 16.00 lalu, lelang jabatan 31 posisi eselon II di Provinsi Jambi dipastikan diperpanjang. Ada sejumlah posisi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kurang diminati. Sehingga masa pendaftaran peserta lelang diperpanjang.

Data terakhir setelah ditutup, jumlah peserta yang mendaftar adalah 150 orang. Ini disebutkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Yazirman kemarin (23/5). Menurutnya, masih ada tujuh OPD yang tidak cukup jumlah peserta seperti yang disyaratkan dalam lelang jabatan.

Berdasarkan ketentuan, dalam satu jabatan, minimal jumlah pendaftar harus empat orang. Namun, dia mengatakan tidak ada jabatan yang masih nihil pendaftarnya. “Dari yang kurang, ada yang baru satu peserta dan ada yang sudah tiga peserta,” katanya.

Ketujuh jabatan yang belum cukup jumlah pesertanya adalah Balitbangda, BKD, Diskominfo, ESDM, Dinas Perkebunan, Badan Keuangan Daerah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan. Untuk Balitbangda, hingga kemarin baru ada tiga pendaftar. Kemudian untuk BKD baru ada dua pendaftar. Selanjutnya, Badan Keuangan Daerah hany ada satu pendaftar, Diskominfo sebanyak dua pendaftar, satu orang mendaftar di ESDM, Dinas Perkebunan sebanyak tiga orang dan Dinas Pemberdayaan Perempuan hanya satu pendaftar.

Terkait dengan peserta yang mendaftar, Yazirman mengatakan dari pejabat yang nonjob beberapa waktu lalu juga ada yang mendaftar. Sejumlah nama disebutkan telah mendaftar seperti Budidaya Hadi mendaftarkan pada lelang jabatan Kepala Dinas ESDM. Kemudian ada Zubaidi Zubair, mendaftarkan diri pada lelang pada jabatan kepala Balitbangda Provinsi Jambi.‎ “Peserta dari Kabupaten/kota juga ada, seperti Muaro Jambi, Tanjab Timur, Kerinci, dan Batang Hari,” tambahnya.

Erwan Malik, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Jambi mengatakan, akan segera  melakukan rapat koordinasi bersama tim pansel. Rapat tersebut bertujuan untuk menentukan berapa hari lamanya perpanjangan pendaftaran.‎ Ia mengaku, saat ini ada lebih 150 peserta yang sudah mendaftar. “Ada beberapa persyaratan dari peserta yang belum memenuhi persyaratan, besok kita rapatkan lagi,” kata Erwan.

Erwan mengakui, para peserta yang akan bersaing memperebutkan  31 jabatan kepala OPD, hampir merata. Hanya saja ada beberapa OPD yang belum diminati. “Kita akan rapat Rabu besok,” tandasnya. (IFR/Jambi-independent.co.id)

Join The Discussion