News

Mendagri Minta Tenaga Administrasi di Daerah Dikurangi

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi meminta kepada kepala daerah di Indonesia untuk mengurangi tenaga administrasi yang saat ini banyak dilakukan oleh sumber daya manusia. Menurutnya, lebih efektif jika tenaga administrasi itu menggunakan sistem informasi teknologi (IT).

“Kepada kepala daerah harus mengurangi atau pegawai dalam hal administrasi. Administrasi itu bisa dihemat dengan menggunakan sistem IT,” kata Gamawan di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Gamawan menuturkan, daripada memperbanyak tenaga kerja IT, menurutnya akan lebih maksimal dengan memperbanyak tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Gamawan mencontohkan pegawai yang berhubungan langsung dengan masyarakat seperti bidan, dokter atau perawat dan pegawai penyuluhan di bidang pertanian, perkebunan.

“Jadi jangan tenaga administrasi yang diperbanyak, tetapi tenaga kerja yang punya hubungan langsung dengan masyarakat diperbanyak,” tuturnya.

Gamawan mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait dengan pengurangan pegawai administrasi tersebut seperti ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Menurutnya, dengan pengurangan tenaga administrasi tersebut dapat menciptakan suatu kemajuan bagi Indonesia.

“Singapura saja sudah lama paperless,” ucapnya.

Sumber :www.tribunnews.com