News

BPP Kemendagri Matangkan Program Kelitbangan

JAKARTA – Setelah mengadakan Rapat Penyusunan Program (Sungram) Badan Litbang 2018 pada Selasa (7/3) kemarin, BPP Kemendagri kembali menindaklanjuti hasil rapat tersebut dalam rangka mengoptimalisasi kualitas dan kemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan.

“Untuk 2018, saya harap kita tidak terlalu muluk-muluk banyak program yang akan dijalankan, tapi lebih difokuskan apa yang menjadi prioritas, kalau bisa hal ini kita bawa pada Rakornas 15 Maret mendatang, tawarkan beragam jenis program yang akan kita jalankan pada daerah,” ungkap Plt. Kepala BPP Kemendagri, Dodi Riyadmadji di Aula BPP

Ia juga menambahkan, di masa yang akan datang BPP Kemendagri dapat menghasilkan data sebagai landasan berpendapat. “Saya ingin, kita bermain data, jadi jangan wacana tinggi tapi tidak ada datanya. Untuk itu saya minta Kepala Pusat merumuskan apa-apa saja yang akan dibawa ke Rakornas besok,” pintanya.

Ada pun beragam isu strategis dalam hasil Sungram Selasa lalu di antaranya, masalah Pilkada Serentak, Dinamika Implementasi Kebijakan Otsus dan Istimewa, Masalah Penataan Daerah Pasca Desentralisasi, Evaluasi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) setelah Diterapkan PP No. 18 Tahun 2016 tentang OPD, dan lain-lain.

“Sebaiknya, fokus saja apa yang dibawa ke Rakornas Litbang, bentuk kolaborasi seperti apa yang mau dibawa ke daerah, kita buat jaringan dan memilah kira-kira apa yang bisa dirumuskan dalam program 2018, lalu ditindaklanjuti dengan serius,” saran Kepala Bagian Perencanaan, M. Noval. (IFR)

Join The Discussion