News

Inilah Daftar Peneliti Paling Produktif di Dunia (Part I)

JAKARTA – Para dosen di perguruan tinggi memang diharuskan bisa melakukan penelitian, sehingga mereka bisa menghasilkan sebuah karya inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pemerintah Indonesia sendiri juga mendorong peneliti dan dosen untuk bisa terus melakukan penelitian. Dengan begitu, bukan hanya produk inovasi yang bisa dihasilkan. Status perguruan tinggi itu pun akan meningkat seiring dengan banyaknya dosen dan peneliti yang melakukan sebuah penelitian.

Dikutip dari laman Times Higher Education, berikut ini terdapat sejumlah penelitian dari berbagai universitas yang paling produktif dalam melakukan penelitian. Siapa saja mereka?

Peng Shi

Peneliti satu ini merupakan professor di dua kampus terbaik dunia yakni Victoria University dan The University of Adelaide. Publikasinya sendiri sudah mencapai 250. Penelitian yang dilakukannya adalah pada bidang Ilmu Komputer.

Cornelia van Duijn

Professor dari Erasmus University Rotterdam ini juga dikenal sebagai peneliti paling produktif. Terhitung sebanyak 195 publikasi telah dilakukannya di bidang Biochemistry, genetics and molecular biology.

Kee Hung Lai

Peneliti dari Hong Kong Polytechnic University ini juga menjadi salah satu peneliti yang produktif dalam melakukan penelitian. Dalam bidang Business, management and accounting, Lai berhasil membuat 60 publikasi.

Michael Gratzel

Dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, ada Profesor Michael Gratzel yang telah banyak menghasilkan ratusan publikasi. Di bidang Chemistry ini, Profesor tersebut telah menghasilkan sebanyak 275 publikasi.

Daron Acemoglu

Dari salah satu kampus terbaik dunia, Massachusetts Institute of Techology (MIT), terdapat Profesor bidang ekonomi yakni Daron Acemoglu. Pria kelahiran 3 September 1967 itu juga telah berkontribusi dengan menghasilkan banyak publikasi sebanyak 52 publikasi di bidang economics, econometrics and finance. (IFR/Okezone.com)

Join The Discussion