News

Tekan Inflasi Jakarta, Jokowi Dipuji Mendagri

Jakarta – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengapresiasi langkah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam menekan laju inflasi di Jakarta. Salah satunya kiatnya dengan melakukan kerjasama dengan provinsi lain, seperti Provinsi Sulawesi Selatan terkait pasokan beras di ibu kota.

“Pak Jokowi kemarin melakukan kerjasama soal pasokan beras dengan Sulawesi Selatan,” ujar dia di acara Rapat Koordinasi Nasional ke V Tim Pengendali Inflasi Daerah di Hotel Grand Sahid, Rabu, 21 Mei 2014.

Menurut dia, model kerjasama antardaerah seperti yang dilakukan Pemerintah DKI Jakarta dengan daerah lain perlu ditingkatkan. “Pasti satu daerah kurang komiditi pangan tertentu, sementara daerah lain surplus,” ucap Gamawan.

Terlebih, kerjasama antar daerah tersebut pun sudah memiliki payung hukum. Aturannya termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2007 tentang Kerjasama antar Daerah.

Untuk itu, Gamawan meminta kepada para kepala daerah lain untuk meniru langkah yang dilakukan oleh Jokowi. “Saya kira kepala daerah bisa mulai melakukan kerjasama dengan daerah lain juga,” kata dia.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terkait ditribusi beras, ikan, dan daging sapi. Juga distribusi daging ayam dan sapi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Jokowi menyatakan, kerjasama ekonomi antar daerah perlu dilakukan. Sebab, kebutuhan di suatu daerah harus diisi oleh daerah lain terlebih dahulu, sebelum memutuskan impor.

Sumber :www.tempo.com