News

Dosen Dituntut Tingkatkan Penelitian

BATAM – Penelitian merupakan salah satu kewajiban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain tugas dosen yang mengajar, dosen juga dituntut untuk meneliti dalam pengembangan teori-teori dan ilmu untuk perkembangan pendidikan di masa mendatang.

“Perguruan tinggi berkepentingan memiliki sumber daya dosen dengan kompetisi tinggi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk itu dosen selain mengajar juga dituntut meneliti,” tegas Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Arifin Gultom di kampus tersebut, akhir pekan ini.

Di hadapan peserta workshop bagi dosen pembimbing skripsi Fakultas Pertanian (Faperta) di Aula Kampus Pasca Sarjana Jalan Denai Medan, Arifin menyebutkan, pihaknya terus mendorong para dosen dengan memberikan fasilitas dan kemudahan untuk melaksanakan penelitian pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan penelitian tersebut maka dosen tidak hanya memberikan materi perkuliahan dari teori yang sudah ada namun dapat memberikan materi berdasarkan pada hasil penelitian dan pengalaman yang telah ia lakukan” tuturnya.

Arifin Gultom mengapresiasi Workshop bagi dosen pembimbing skripsi yang dilaksanakan Faperta ini, sebab dengan kegiatan ini bisa menjadi refresh bagi para dosen pembimbing skripsi untuk lebih baik lagi membimbing skripsi bagi para mahasiswa calon sarjana. Dia mengungkapkan, tidak sama pembimbingan skripsi 20 tahun lalu dengan sekarang yang harus disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Pertanian Ir Alridiwirsah MM menyebutkan, workshop dengan tema, “Refresh bagi Dosen Pembimbing Skripsi ini digelar dalam upaya meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa untuk menyamakan persepsi para dosen pembimbing skripsi dalam membimbing para mahasiswa.

Dikatakan Alridiwirsah, Fakultas Pertanian sudah memiliki buku panduan pembimbingan skripsi, sudah memiliki Standar Operational Procedure (SOP) dan aturan-aturan dalam melakukan pembimbingan, akan tetapi perlu juga dilakukan workshop sebagai menyempurnakan SOP, aturan dan buku panduan yang ada dalam melakukan tugas pembimbingan skripsi. “Tujuannya jelas untuk meningkatkan kualitas skripsi para mahasiswa yang nantinya menjadi sarjana,” ujarnya.

Alridiwirsah berharap dengan dilaksanakan workshop bagi dosen pembimbing skripsi maka nantinya kualitas skripsi para mahasiswa semakin baik dan merata pada semua program studi (Prodi) yang ada di Fakultas Pertanian ini.

Ketua pelaksana workshop B yang juga Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Ir Asritanarni Munar MP melaporkan worskshop diikuti para dosen pembimbing skripsi lintas generasi, dari dosen mudan sampai dosen senior yang melakukan pembimbingan skripsi bagi para mahasiswa pertanian.

Tampil sebagai pemateri workshop pembimbingan skripsi disampaikan Dr Ir Chairani Anum MP, Dr Herla Husaini dan Prof Dr Ir Said Umar MS dengan moderator Dr M Said Siregar. (IFR/Berita Sore)

Join The Discussion