News

Tangsel Menuju Pusat Penelitian Nasional

Laporan World Economic Forum (WEF) menyebutkan, saat ini terdapat celah di antara negara-negara berkembang dan maju dalam hal inovasi.

Aspek transfer teknologi dan pertukaran informasi lantas diyakini menjadi solusi ideal untuk mengisi ruang tersebut. menjawab kondisi ini, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melancarkan berbagai siasat demi menguatkan sektor inovasi. Salah satunya bekerja sama dengan Kota Daejeon, Korea Selatan.

Menurut Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, kerja sama dengan Daejeon dilaksankan sejak bergabungnya Tangsel ke World Technopolis Association (WTA) dua tahun lalu. “Seperti yang dijalankan Daejeon, Tangsel juga akan memanfaatkan Science Techno Park (STP) dalam pembangunan dan penataan kota,” kata Airin. Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah keterlibatan Tangsel dalam pelaksanaan Global Innovation Forum (GIF) 2016.

GIF 2016 akan dihadiri semua anggota WTA yang meliputi berbagai perguruan tinggi, kota-kota dengan STP, serta pihak-pihak pengeola STP. Seluruh kegiatan GIF 2016 akan digelar di Pusat Penelitian dan Pengetahuan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan pada 20-23 September 2016.

Tangsel akan mejamu 10 perwakilan dari 24 negara anggota WTA. Melalui berbagai agenda seninar dan eksebisi, nantinya narasumber dari beberapa negara akan didaulat untuk berbagai informasi melalui diskusi seputar pengelolaan inovasi yang telah dijalankan. “Supaya bisa membangun link dengan negara-negara lain seputar keberhasilan mereka,” katanya. (tempo)

Join The Discussion