News

Mendagri Minta Daerah Reformasi Pelayanan Publik

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Presiden Joko Widodo selalu mengarahkan dirinya agar terus mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan reformasi  pelayanan publik. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan.

“Kalau ekonomi dan penyerapan berjalan baik, pasti pertumbuhan ekonomi masyarakat bergerak. Mereka dapat menikmati produk dan hasilnya karena pemerataan pembangunan tercapai, serta rakyat semakin sejahtera,” kata Mendagri Tjahjo, Senin (25/7).

Menurut Tjahjo, Presiden Jokowi secara tegas meminta agar penyerapan anggaran di daerah bisa optimal. Dengan maksimalnya pertumbuhan daerah, maka hubungan dan tata kelola pemerintah dari pusat ke daerah semakin efektif, efisien demi memperkuat otonomi daerah.

Sebelumnya, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi terus menguat. Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, saat ini 67 persen warga Indonesia menyatakan puas dengan kinerja Jokowi sementara hanya 30 persen kurang/tidak puas.

Data ini disampaikan oleh Sirojudin Abbas, Direktur Program SMRC, dalam presentasi survei nasional nasional SMRC di Jakarta, 24 Juli 2016. Penelitian bersakala nasional itu sendiri dilakukan pada 22-28 Juni 2016, dengan jumlah responden 1027, yang ditarik secara multistage random sampling. (Puspen kemendagri/msr)

Join The Discussion