News

Balitbangkes Berbagi Informasi Untuk Publik

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) mendukung keterbukaan informasi publik. Hal ini dilakukan dengan berbagi data riset nasional melalui aplikasi e – Riset.

Tidak hanya itu, terdapat pula layanan data gratis serta diseminasi hasil Studi Diet Total. Aplikasi ini diluncurkan agar publik ikut mengawasi seluruh proses penelitian di Kementerian Kesehatan, termasuk aspek plagiarisme. Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek menyambut baik adanya kemajuan dari informasi tentang riset yang ada di dunia kesehatan ini.

“Menurut saya ini sangat bagus sekali. Karena di era kemajuan digital, keterbukaan informasi publik ini sangat dibutuhkan. Saya juga berharap dengan adanya aplikasi ini juga menjadi kontrol bagi kemenkes terhadap upaya yang dilakukan beserta hasilnya,” kata Menkes RI, Nila F Moeloek saat ditemui di Balitbangkes Berbagi, Kemenkes, Jakarta, Rabu (20/07/2016).

Aplikasi e-riset berisi semua penelitian Balitbangkes baik yabg akan, sedang maupun telah berjalan. Masyarakat umum dapat melihat kelengkapan penelitian tersebut baik anggaran, waktu, lokasi, hingga hasil penelitian.

Adapun aplikasi layanan data gratis berisi data hasil riset nasional yang telah dilakukan Balitbangkes. data yang ditampilkan merupakan data hasil penelitian Riset Fasilitas Kesehatan (Rifaskes) tahun 2011, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007, 2010, dan 2013. Layanan gratis ini banyak dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan para pengambil kebijakan. Lantas BPP Kemendagri kapan bisa seperti itu? (IFR)

Sumber: Inilah.com

Join The Discussion