News

Forum Pengelola Jurnal Sangat Diperlukan

Peneliti sekaligus pengelola Jurnal Bina Praja Moh Ilham A Hamudy menyarankan, pada waktu yang akan datang perlu adanya rapat koordinasi sesama pengelola jurnal. Hal tersebut langsung diamini oleh peneliti sekaligus pengelola Jurnal Aspirasi DPR RI Mohammad Mulyadi dalam rangka kunjungannya ke Sub Bagian Perpustakaan, Informasi, dan Dokumentasi BPP Kemendagri Selasa (19/1).

Menurut Mulyadi, ide tersebut sangat tepat digagas dan sedapat mungkin segera diejawantahkan mengingat para pengelola jurnal acap mengalami kendala yang sama baik dalam masalah akreditasi maupun hal teknis lainnya. Mulyadi juga menyarankan, perlu adanya forum yang nantinya akan diisi oleh pemateri dari berbagai intansi pengelola jurnal seperti BPP Kemendagri, Litbang Kementerian Kehutanan, DPR RI, atau LIPI guna berbagi informasi seputar pengelolaan jurnal yang ideal.

Sementara Ilham mengatakan, keberadaan forum tersebut nantinya sangat penting bagi para pengelola jurnal agar para pengelola bisa mempertahankan kualitas jurnalnya. Selanjutnya, akan dibuat komitmen bersama tentang cara mengatasi pelbagai persoalan dalam mengelola jurnal ilmiah.

“Forum tersebut juga dapat dijadikan wadah diskusi untuk para pengelola jurnal. Apapun yang terkait pengelolaan jurnal akan dibahas di sana, dari segi penulisannya, pengelolaan anggarannya, dan masa depan jurnal ilmiah, seperti membangun jurnal elektronik yang saat ini sedang ramai dibincangkan,” tutur Ilham.

 

 

Join The Discussion