News

Pentingnya Migrasi Jurnal Cetak Ke Elektronik Jurnal (E-Journal)

Seiring dengan meningkatnya mutu para peneliti Indonesia, maka keberadaan jurnal elektronik sangat vital dibutuhkan di era modern saat ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapusbindiklat peneliti LIPI Prof. Dr. Ir. Husein Avicenna Akil, M.Sc.

Ditemui di Pusbindiklat peneliti LIPI di Cibinong, Kabupaten Bogor, Prof. Husein mengatakan, keberadaan jurnal ilmiah akan lebih memudahkan para peneliti dalam mengakses jurnal. Selain lebih menguntungkan, keberadaan jurnal yang dapat diakses secara online lebih efisien dan efektif.

Selain itu, Prof. Husein menambahkan, hal teresebut sejalan dengan mutu para peneliti Indonesia yang semakin hari semakin lebih baik dibandingkan para peneliti dahulu.

“Para peneliti saat ini lebih bermutu karena sudah tertata dengan baik di dalam melakukan metoda riset serta sudah memenuhi kriteria penelitian yang baik, dan tidak ada yang namanya plagiat,” ungkapnya

Ditempat yang sama Mukhammad Nurul Furqon, S.S. Kepala Subbidang Akreditasi mengatakan, banyak kendala ketika jurnal ilmiah akan memiliki sekaligus bermigrasi ke jurnal elektronik. Selain membutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit, juga membutuhkan tenaga khusus dibidang IT agar e-journal tersebut dapat dikelola secara baik.

Selain itu ia mengatakan, maintenance, pengelolaan, evaluasi, instalasi, serta manajemen penerbitan elektronik jurnal harus tertata dengan baik. Maka dari itu, ia menyarankan untuk diadakannya pelatihan oleh pakar yang benar-benar mengerti tentang e-journal terlebih dahulu.

Join The Discussion