News

Kemendagri Hapus Mesin Tik dari RAPBD, Ahok: Terima Kasih Sekali

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencoret sejumlah anggaran pengadaan pada RAPD 2015, salah satunya mesin tik. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) tidak keberatan dan malah berterima kasih.

“Justru saya terima kasih sekali berapa puluh ribu item Mendagri sudah banyak potong, nanti kita umumkan supaya warga bisa ikut ngawasin. Begitu ada laporan, saya bisa langsung lock,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2015).

Ahok malah mengaku tak tahu menahu siapa pengusul mesin tik termasuk tujuan pengadaannya. Memang rencananya mesin tik ini akan dialokasikan untuk kelurahan.

“Aku nggak tahu. Nggak ngerti mungkin bisa buat ngetik kuitansi, saya ngerti,” lanjutnya. “Makanya kita mesti cek. Kita nggak ngerti maunya apa mereka apa karena susah blanko,” tutup Ahok.

Data evaluasi RAPBD yang dari Kemendagri dalam Belanja Modal Pengadaan Peralatan Kantor terlihat ada alokasi uang untuk pembelian mesin tik, papan visual/elektronik/digital/display, pengadaan tabung pemadam kebakaran, mesin fotocopy dan filling kabinet sebesar Rp 26.110.140.240 atau 0,14 persen dari total belanja daerah.

Kemendagri pun melarang penganggaran tersebut kalau tidak berkaitan dengan tingkat kualitas dan kuantitas pelayanan publik.

Sumber : www.detik.com