News

Tjahjo Kumolo: Paling Enak Jadi Anggota DPR

Jakarta – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan pekerjaan paling enak di dunia adalah menjadi anggota DPR RI. “Karena bebas bicara dan gajinya gede,” ujar Tjahjo kepada Tempo, Ahad, 2 November 2014.

Tjahjo menjadi anggota DPR sejak 1987. Saat itu, Tjahjo menerima gaji sebesar Rp 1 juta. “Kalau sekarang bisa di atas Rp 50 juta,” katanya.

Sementara itu, kata dia, biaya operasional untuk kementerian setiap bulan hanya Rp 100 juta. Uang itu dipergunakan untuk ongkos transportasi, dinas luar negeri, menerima tamu, hingga gaji. “Tapi ini amanah,” ujarnya.

Soal bicara, kata Tjahjo, juga tak bisa sebebas dulu karena segala pernyataan yang dikeluarkan bisa dianggap sikap pemerintah. Saat wawancara dengan Tempo, Tjahjo beberapa kali menolak berpendapat karena posisinya sebagai pemerintah. “Pemerintah tak akan ikut campur,” jawabnya singkat ketika ditanya soal DPR tandingan.

Selama 27 tahun wara-wiri di DPR, Tjahjo lebih sering duduk di Komisi I yang membawahi Luar Negeri, Pertahanan, dan Komunikasi. Hanya sekali ia duduk di Komisi Pemerintahan, partner kerja Kementerian Dalam Negeri.

Sumber :www.tempo.co.id