News

Jelang Idul Fitri, DWP Litbang Kemendagri Bagikan Santunan

JAKARTA – Segenap jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri memberikan santunan serta bingkisan kepada siswa TK Pertiwi VIII  serta sejumlah pegawai di lingkungan Badan Litbang Kemendagri, Rabu (5/5/2021). Penyerahan bingkisan tersebut meliputi hasil zakat yang dikelola Masjid Baitul Fikroh Badan Litbang Kemendagri, serta sejumlah sumbangan bantuan dari individu dan berbagai pihak. Secara simbolis, pemberian santunan disampaikan langsung oleh Kepala Badan Litbang Kemendagri A. Fatoni, serta Ketua DWP Badan Litbang Kemendagri Anggar Pramudiani Widyaningtyas A. Fatoni.

Dalam sambutannya, A. Fatoni menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap pihak yang telah membayar zakat melalui Masjid Baitul Fikroh. Melalui pembayaran zakat tersebut dapat mendorong aktivitas beribadah di bulan puasa. Dirinya juga mengapresiasi Ketua DWP Badan Litbang Tyas A. Fatoni yang telah memastikan acara tersebut berjalan sukses dan lancar. Sehingga bingkisan tersebut dapat diserahkan secara optimal dan tepat guna. “Semoga seluruh amal kita selama berpuasa diterima Allah SWT,” katanya di hadapan segenap pimpinan pejabat dan pengurus DWP Badan Litbang Kemendagri.

Pada kesempatan tersebut, Fatoni menyampaikan permohonan maaf secara pribadi maupun atas nama pimpinan Badan Litbang Kemendagri. Hal itu diungkapkannya seiring momentum Hari Raya Idul Fitri yang akan tiba beberapa hari ke depan. “Kami memohon maaf lahir batin. Semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat keberkahan dari Allah SWT,” jelasnya.

Fatoni mengingatkan agar semua unsur pegawai di lingkungan Badan Litbang Kemendagri untuk tidak melaksanakan mudik. Himbauan itu dilakukan untuk menekan tren penularan kasus positif Covid-19 yang kembali naik di sejumlah negara, seperti India. Untuk itu, pada suasana lebaran dirinya meminta agar semua pihak menahan diri untuk melakukan kegiatan mudik. “Silaturahmi bersama keluarga kita lakukan secara virtual saja,” ujar Fatoni. Selain itu, Fatoni juga mewanti semua pegawai agar tidak melakukan kegiatan yang berpeluang meningkatkan penularan Covid-19. Hal itu di antaranya seperti berbelanja di pusat perbelanjaan, berbuka bersama dengan diikuti banyak orang, serta melakukan halal bihalal secara berkerumun.

Apalagi, kata Fatoni, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian telah mengeluarkan surat edaran ihwal pelarangan melakukan buka bersama dan halal bihalal dalam skala besar, terutama bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan di lingkup Kemendagri. Dalam surat edaran bertarikh 4 Mei 2021 tersebut, Mendagri mengatakan jajaran kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, dan wali kota agar membatasi pergerakan masyarakat guna menekan angka kenaikan positif Covid-19. “Menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah untuk tidak melakukan open house/halal bihalal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun 1442/2021,” bunyi surat tersebut.

Fatoni berharap semua ikhtiar tersebut dapat membuat semua pihak terhindar dari berbagai penyakit. Serta membuat keadaan menjadi normal seperti sedia kala. “Semoga dengan ini kita semua selalu dikaruniai kesehatan,” paparnya. Seperti diketahui, acara tersebut turut dihadiri jajaran pimpinan di lingkungan Badan Litbang Kemendagri. Di antaranya Sekretaris Badan Litbang Kemendagri Kurniasih, Kepala Pusat Litbang (Puslitbang) Inovasi Daerah Matheos Tan, Kepala Puslitbang Otda, Politik dan Pemerintahan Umum Deddy Winarman, serta berbagai pejabat lainnya. Acara penyerahan bingkisan tersebut sendiri diakhiri dengan sesi foto bersama. (AF)

Join The Discussion