News

Wujudkan DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah

JAKARTA- Dharma Wanita Persatuan Kementerian Dalam Negeri (DWP Kemendagri) menggelar kegiatan puncak peringatan HUT DWP ke-20 dan Peringatan Hari Ibu ke-91, di Kantor kemendagri, Jakarta, Senin (23/12).  HUT DWP itu diperingati setiap tanggal 7 Desember, sedangkan Hari Ibu sendiri diperingati saban 22 Desember. Pada tahun ini, tema yang diusung yaitu “Optimalisasi Kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional.”

Dalam sambutannya, Ketua Umum DWP Kemendagri, Paripurnaning Haju Hadi Prabowo, mengatakan di umur ke-20 DWP telah menjadi organisasi yang besar dan  memiliki kekuatan besar dalam memberikan kontribusi menyukseskan agenda pembangunan nasional.

Dirinya meyakini, saat ini DWP sedang berproses menjadi sebuah organisasi profesional sebagai mitra strategis pemerintah. Agenda itu dijalankan dengan tetap memegang tujuan organisasi, seperti meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mensejahterakaan anggota, serta memelihara kesatuan bangsa. “Namun demikian, sebagai mitra strategis pemerintah, masih banyak tugas yang harus kita kerjakan untuk turut mensukseskan program-program pemerintah,” kata Hayu. Karenanya, Hayu mengimbau agar pengurus DWP kemendagri dapat senantiasa meningkatkan potensi serta kualitas masing-masing.

Selain itu, Hayu juga menjelaskan sekilas sejarah Hari Ibu. Kata Hayu, Hari Ibu diperingati sebagai bukti kontribusi perempuan terhadap bangsa. Dalam sejarahnya, Hari Ibu diperingati karena digelarnya kongres perempuan pertama yang diadakan di Yogyakarta pada 22 Desember 1928. “Hari Ibu dimaknai sebagai kebangkitan perempuan Indonesia,” jelasnya.

Momen peringatan itu, lanjut Hayu, menjadi penyemangat bahwa perempuan Indonesia tak hanya menjadi pengguna dari hasil pembangunan. Namun, perempuan juga dapat turut berparitisipasi mendukung di segala aspek pembangunan nasional.

Kegiatan yang diikuti pengurus DWP di lingkungan Kemendagri itu dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian selaku Pembina DWP Kemendagri. Mendagri hadir didampingi sang istri, Tri Tito Karnavian, yang juga menjabat Pesahihat DWP Kemendagri. Tak hanya itu, hadir pula Ketua Umum DWP Nasional Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. (MJA)

 

Join The Discussion