News

HUT RI Ke-74 Momen Peningkatan Sumber Daya Manusia

JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-74. Upacara dipimpin Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo, di lapangan kantor Kemendagri, Sabtu (17/8).

Pada kesempatan itu, Hadi membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya, Tjahjo menyinggung tema HUT RI ke-74, yakni ‘Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju’. Tema itu merupakan komitmen pemerintah Indonesia untuk membangun sumber daya manusia (SDM) di penjuru negeri agar lebih produktif dan memiliki daya saing tinggi. “Hal ini sebagaimana pidato arahan Bapak Presiden Republik Indonesia di Sentul Bogor, Jawa Barat pada 14 Juli 2019,” kata Tjahjo. Dalam pidatonya Jokowi mengatakan, pembangunan SDM merupakan kunci mewujudkan Indonesia yang maju di masa depan.

Terkait dengan pentingnya SDM, Tjahjo mengimbau, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dan BNPP harus tampil unggul, dengan memiliki keterampilan, kapasitas yang terus meningkat, dan selalu siap berkompetisi secara positif. Momen peringatan HUT RI setiap tahunnya, lanjut Tjahjo, harus dimaknai sebagai bentuk evaluasi terhadap peran setiap ASN dalam memajukan bangsa dan negara. “Sehingga kerja dengan penuh tanggung jawab merupakan implementasi rasa syukur atas diraihnya kemerdekaan Indonesia,” kata Tjahjo.

Tjahjo mengajak peserta upacara bendera mengingat perjuangan para pendiri bangsa. Generasi saat ini katanya, harus mampu melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan meningkakan intelektual untuk membentuk SDM yang berkualitas. “Bukan lagi mengangkat senjata melainkan mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan kemampuan intelektual,” katanya,

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah Indonesia hendak fokus meningkatkan SDM. Guna mecapai target itu, pembangunan SDM harus dijadikan visi jangka panjang karena merupakan investasi untuk menghadapi masa depan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih gemilang. “Sebagai investasi jangka panjang dan melapangkan jalan membangun Indonesia maju,” tambah Tjahjo. (MJA)

Join The Discussion