News

BPP Kemendagri Sabet Juara I Lomba Tari Yamko Rambe Yamko

JAKARTA- Tim tari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (BPP Kemendagri) berhasil menyabet juara pertama pada ajang lomba Tari Yamko Rambe Yamko, di Gedung Sasana Bhakti Jakarta Pusat, Rabu (14/8). Kegiatan tersebut digelar Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-74.  Yamko Rambe Yamko sendiri merupakan tarian khas daerah Provinsi Papua.

Tim tari BPP Kemendagri berhasil tampil memukau di antara 11 peserta lainnya yang berasal dari komponen Kemendagri dan BNPP. Dengan mengenakan kostum adat daerah Papua yang dilengkapi berbagai ornamen, tim tersebut tampil dengan gerakan yang lincah dan kompak.

Sebelum mengumumkan pemenang, Ida Bagus Ketut Sudiasa salah seorang juri lomba yang juga dosen seni tari Universitas Negeri Jakarta, menjelaskan beberapa kriteria penilaian. Pertama, konsistensi peserta dalam mengangkat unsur kebudayaan Papua dan tidak mencampurkannya dengan unsur daerah lain. Kedua, peserta tidak menambahkan lagu yang telah ditentukan panitia karena dapat menambah durasi penampilan. Ketiga, kekompakan gerakan antaranggota juga turut menjadi bagian penting penilaian. Dari kriteria itu, tim tari BPP Kemendagri berhasil memenuhi semua persyaratan yang ditentukan panitia.

Sekadar Informasi, untuk juara II berhasil diraih Sekretariat Jenderal Kemendagri, sedangkan juara III diperoleh Inspektorat Jenderal Kemendagri.

Capaian yang berhasil diraih tim tari BPP Kemendagri, membawa mereka untuk kembali tampil di acara tasyakuran HUT RI ke-74 pada 19 Agustus 2019 di Gedung Sasana Bhakti. Rencananya kegiatan tersebut bakal dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (MJA)

Join The Discussion