News

Riset: Ganjil-Genap Alihkan Angkutan Pribadi ke Umum

Jakarta – Penerapan sistem ganjil-genap berhasil mengalihkan 24 persen angkutan pribadi ke angkutan umum, demikian hasil riset Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan.

“Terdapat 24 persen angkutan pribadi beralih ke angkutan umum dari 24 persen itu ke massal 38 persen, 20 persen ke bus umum, 18 menggunakan KRL,” kata Kepala Balitbang Kemhub Soegihardjo dalam konferensi pers “Evaluasi Penerapan Kebijakan Ganjil-Genap di Wilayah Jabodetabek” di Jakarta, Kamis (25/10).

Namun, lanjut dia, sebagian lainya beralih ke taksi, baik taksi daring maupun konvensional.

“Yang beralih ke taksi atau ojek online ada 39 persen, taksi reguler 7,5 persen dan memilih naik motor sembilan persen,” katanya.

Meskipun dinilai berhasil mengalihkan masyarakat ke angkutan umum, menurut dia, masih banyak yang tetap menggunakan kendaraan pribadi, yakni 53 persen.

Sugihardjo merinci, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi ini 37 persen menggunakan jalur alternatif dan 16 persen memiliki dua mobil, baik itu ganjil maupun genap.

Ia menyimpulkan bahwa apabila diterapkan secara resmi permanen, kemungkinan besar masyarakat akan membeli mobil baru ataupun bekas baik ganjil maupun genap sebanyak 30 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai untuk tetap menarik masyarakat menggunakan transportasi umum adalah dengan menurunkan tarif.

Ia mencontohkan di Tiongkok, tarif KRL hanya dua yuan, kemudian bus satu yuan.

“Untuk koridor tertentu digratiskan, bahkan KRL sampai 10.000 kilometer, kalau kita baru 1.200 kilometer,” katanya. (ANTARA)

Join The Discussion