News

Peneliti Klaim Temukan Obat Khusus Penghancur Sel Kanker

KANKER menjadi salah satu masalah yang banyak diidap masyarakat dunia. Termasuk di Indonesia sendiri, penyakit ini dianggap cukup mengkhawatirkan dan semakin banyak penderitanya.

Nah, upaya untuk menemukan obat penyembuhnya pun sepertinya membuahkan hasil. Seperti dilansir BBC, tim ilmuwan dari Amerika Serikat mengklaim telah menemukan obat khusus yang dapat membantu tubuh menghancurkan sel-sel kanker!

Fakta yang perlu diapresiasi. Pasalnya, dengan adanya informasi ini, setidaknya ada kemungkinan besar penyembuhan masalah kanker yang sudah membunuh banyak nyawa.

Menurut jurnal Nature Biomedical Engineering, perawatan ini mampu meningkatkan kemampuan sel darah putih yang disebut makrofag, untuk memakan sel kanker jahat yang tidak diinginkan tubuh. Itu terbukti lewat penelitian yang dilakukan pada kelompok tikus percobaan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan terapi ini cukup efektif pada kasus tumor payudara dan kanker kulit yang agresif.

Menurut Dr Ashish Kulkarni dan rekan-rekannya dari Brigham and Women’s Hospital Harvard Medical School, obat ini bekerja dalam dua cara. Pertama, obat mampu mencari sel-sel kanker yang tersembunyi dan mengirimkan sinyal “makan saya” pada makrofag. Kedua, obat ini mampu ‘memberitahu’ tumor untuk berubah menjadi jinak.

“Ini menjanjikan. Banyak hal perlu dilakukan sekarang dan ini menunjukkan bahwa pendekatan dengan cara demikian dapat digunakan untuk mengobati pasien kanker,” kata Carl Alexander dari Cancer Research UK.

Lewat hasil tersebut, tim peneliti berharap bisa memulai uji coba obat ‘supramolecule’ pada manusia dalam beberapa tahun ke depan. Harapan ini harus terus didukung oleh banyak pihak dan tentunya penelitian lanjutan mesti dilakukan untuk menyempurnakan hasil.

Saat ini, perawatan yang menargetkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker merupakan bidang penelitian yang tengah berkembang di kalangan ilmuwan di seluruh dunia. Kita semua berharap agar ada jalan keluar dari masalah ini. Amin!

Join The Discussion