News

Dosen Nunukan Dilatih Riset dan Menulis Jurnal Internasional

NUNUKAN– Sejumlah dosen Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Nunukan dan Politeknik Negeri Samarinda, Jumat (27/4/2018) mengikuti Pelatihan Riset dan Menulis Artikel di Jurnal Internasional.

Humas PDD Politeknik Negeri Nunukan, Didi Febriyandi mengatakan, pelatihan yang digelar di Kantor Bupati Nunukan ini menghadirkan pemateri Haviluddin  Ph D dan Ajie Prasetya P hD. Keduanya memiliki pengalaman sebagai rievewer jurnal internasional.

Ketua PDD Politeknik Negeri Nunukan, Arkas Vidd  P hD mengatakan, dengan mengikuti pelatihan ini, para dosen tetap lokal maupun dosen Samarinda membiasakan diri menulis artikel di jurnal internasional,.

“Tentu ini dapat mendukung pengembangan dosen juga sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Dia mengatakan, selama pelatihan peserta dilatih membuat artikel atau karya ilmiah yang bisa segera dimuat dalam jurnal internasional.

“Peserta diberikan  trik, bagaimana menulis artikel atau jurnal? Mulai dari judul, ada unsur baru, cara mengunggah dan segera dipublis oleh jurnal internasional yang tepat. Bukan predator,” ujarnya.

Yang paling penting dan sangat mendasar, kata dia, melakukan penelitian dengan seksama, yang baik, sesuai dengan bidang ilmu atau sesuai kompetensi. Selain itu ada kebaruan secara praktikal ataupun orientikal, yang bisa dikemukakan dalam artikel.

“Dan harus memilih pada jurnal yang tepat dan baik, seusai keilmuan,” katanya.

Jurnal yang tepat dan baik dan sesuai dengan kriteria antara lain harus universal, internasional atau sesuai dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, harus terindeks serta mempunyai dampak positif.

Wakil Direktur V Politeknik Negeri Samarinda, Surahman  P. hD mengatakan, dengan memiliki pengalaman menulis jurnal internasional dan juga menjadi reviewer, sangat penting bagi pemateri untuk membagikan pengetahuan tersebut kepada rekan-rekan dosen Poltek Negeri Nunukan.

Haviluddin  menjelaskan, menulis artikel atau jurnal merupakan kewajiban bagi dosen, baik berangkat lektor hingga guru besar, sebagaimana aturan yang diwajibkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Nah, kenyataannya adalah menulis jurnal internasional itu tidak mudah. Tapi sangat mungkin dilakukan oleh semua dosen dan harus dilakukan,” katanya.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Nunukan, Hanafiah berharap kegiatan positif seperti ini bisa memberikan manfaat bagi Kabupaten Nunukan. (TRIBUNKALTIM.CO)

Join The Discussion