News

Cetak Profesor Kelas Dunia Lewat Jurnal Internasional

PALEMBANG–Pemerintah terus mendorong dosen dan profesor di tanah air untuk meneliti dan menghasilkan publikasi internasional. Selain untuk mendorong perguruan tinggi kelas dunia, hal ini juga berfungsi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta daya saing bangsa. Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang menjadi salah satu perguruan tinggi ternama yang siap menghasilkan publikasi internasional.

Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang Dr Abid Djazuli mengatakan, dosen dan profesor perlu melakukan pengembangan jurnal dan program artikel ilmiah. Dalam hal ini UM Palembang sendiri sudah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti dalam program Science of Technology Index (Sinta).

“Jurnal dan tulisan dosen harus diverifikasi,”ujar Abid dalam pembukaan pelatihan verifikator/fasilitator Sinta Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti di Hotel Horison Ultima, (26-27/3).

Kasubdit Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemristekdikti,Suwitno mengatakan, dosen harus mau meneliti dan menulis jurnal internasional karena sudah menjadi tugas dosen untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan tulisan di koran masih general.

Berbeda dengan di jurnal,karena pembacanya juga dari kalangan yang sama.”Karena kalau di jurnal tulisan harus logis dan bisa diverifikasi. Ada kebenaran ilmiah, bukan tulisan abal-abala palagi hanya mimpi,”paparnya. (sumatera express)

Join The Discussion