News

Peneliti Temukan Fosil Misterius Berusia 450 Juta Tahun, Apa Itu?

JAKARTA – Fosil berusia 450 juta tahun dari makhluk laut purba yang langka telah ditemukan. Makhluk tersebut memiliki bentuk yang unik yakni seperti seperti cone es krim. Fosil ini ditemukan oleh tim peneliti internasional di Appalachian Mountain dekat Hummelstown di Pennsylvania, dan telah membuat bingung para ahli paleontologi. Pasalnya fosil ini terbilang misterius yang berasal dari zaman prasejarah Ordovician.

Anehnya, fosil itu terpelihara dengan baik terlepas dari asal dia ditemukan, yang seharusnya menghambat pelestarian spesimen. Fosil makhluk laut berbulu lembut itu bisa membantu ahli paleontologi mendapatkan gambaran yang lebih baik terkait kehidupan sekira 450 juta tauun yang lalu.

“Dunia kuno Ordovician sekira 450 juta tahun lalu adalah salah satu perluasan besar kehidupan di lautan planet kita,” kata Jan Zalasiewicz, profesor di Fakultas Geografi, Geologi dan Lingkungan Universitas Leicester dalam sebuah pernyataan.

 “Fosil berlimpah di lapisan Ordovisium, namun hampir semuanya adalah makhluk dengan kulit kerang atau struktur pendukung yang keras, sehingga pemahaman kita tentang kehidupan Ordovician yang booming hampir sepenuhnya didasarkan pada hewan yang mengandung kerangka,” papar Zalasiewicz.

Menurutnya ada beberapa tempat langka dan berharga dimana hewan berbadan lunak dapat ditemukan untuk mengemukakan wawasan terkait kehidupan pada masa itu. Namun fosil dari makhluk yang misterius itu merupakan bagian penting dari kehidupan laut yang biasanya tidak dapat diprediksi.

“Ini adalah teka-teki baru bagi para ahli paleontologi,” ujarnya.

“Fosil ini masih memiliki soft bit yang diawetkan, meskipun bebatuan yang menahannya telah terjepit, sungguh luar biasa. Organisme misterius ini memiliki implikasi besar untuk bagaimana kita mencari fosil yang terawetkan dengan baik,” terang Mike Meyer dari Institut Sains Carnegie.

Sementara itu, Bob Ganis – ahli geologi dari University of Leicester , Inggris mengatakan bahwa fosil itu merupakan fosil kecil yang memiliki cerita yang besar. Demikian seperti dilansir IBTimes. (IFR/Okezone.com)

Join The Discussion