News

2019 Pemerintah Gelontorkan Dana Abadi Penelitian Capai Rp 990 Miliar

BPP Kemendagri – Bercermin pada kesuksesan dana abadi beasiswa yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang sekarang mengelola dana abadi beasiswa sebesar Rp 55 triliun, Pemerintah akan mengalokasikan anggaran Rp 990 miliar untuk alokasi dana abadi penelitian.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut, Pemerintah sedang berfokus pada pengembangan riset. Skema ini dilakukan berkaca pada kesuksesan dana abadi beasiswa yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang sekarang mengelola dana abadi beasiswa sebesar Rp 55 triliun

Ia mengatakan, berdasarkan penelitian Bank Dunia, kualitas SDM Indonesia hanya ada peringkat 87 dari 157 negara. Oleh karena itu perlu perbaikan yang menyeluruh peningkatkan SDM. kolaborasi antara pemerintah dengan seluruh dunia akademik maupun dengan swasta, terus ditingkatkan dalam upaya memperbaiki kualitas SDM di Indonesia.

“Investasi di human capital bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi merupakan kolaborasi dari semua stakeholders,” kata dia.

Dana abadi pendidikan sebesar Rp 990 miliar tercantum dalam pasal 21 ayat 3 huruf b UU Nomor 12 Tahun 2018 tentang APBN 2019. Dana abadi merupakan point pembeda dibanding anggaran tahun 2018 lalu. Dalam beleid itu, total anggaran pendidikan pada 2019 dianggarkan sebesar Rp 492 triliun atau 20 persen dari total anggaran. Sementara dana pengembangan pendidikan sebanyak Rp 20 triliun.

Join The Discussion